Sabtu, 30 Juli 2011

Kemendiknas Imbau Sekolah Gelar Pesantren Kilat

INILAH.COM Jakarta - Memasuki Ramadan, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menghimbau sekolah untuk menggelar pesantren kilat.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Djalal, mengatakan bahwa sekolah dari tingkat dasar sampai atas, diharapkan membekali para siswa dengan kegiatan rokhani.

''Tentu imbauan dari Mendiknas dan Menag agar program-program seperti pesantren kilat itu diupayakan untuk dikembangkan dan dihidupkan selama bulan puasa," tuturnya, saat menghadiri acara Indonesian Campus Stars 2011 di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Sabtu (30/7/2011).

Menurutnya, kegiatan pesantren kilat Ramadan, merupakan bagian dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pembentukan karakter siswa. Pihak Kemendiknas dan Kemenag telah menjelaskan petunjuk pelaksanaan serta model pesantren kilat di sekolah-sekolah.

"Kita harapkan selama bulan puasa disamping tetap melakukan pembelajaran tapi bagian pembentukan karakter menjadi salah satu hal yang diutamakan," katanya.

Meski demikian, lanjutnya, kemendiknas membebaskan metode dan waktu pelaksanaan pesantren kilat Ramadan kepada sekolah. "Bagaimana pelaksanaanya diserahkan kebijakan masing-masing daerah dan sekolahnya saja," imbuhnya.[ipr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar